Sunday, July 16, 2017

Logo 72 Tahun Indonesia Merdeka dan Maknanya

Logo 72 Tahun Indonesia merdeka atau 72 Tahun Kemerdekaan Indonesia telah resmi di Kementerian Sekretariat Negara. Gambar yang merupakan logo peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 ini ditetapkan pada tanggal 8 Juni kemarin.

Sebagai seorang pramuka, tentunya harus mengetahui dan memahami bentuk logo peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia ini. Sekaligus mengetahui makna yang terkandung di dalam logo tersebut.

Logo dan Tema 72 Tahun Kemerdekaan Indonesia


Setiap tahun pemerintah menetapkan tema dan logo Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI. Hal ini tentunya sebagai branding rangkai kegiatan peringatan kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun 2017 ini, saat peringatan 72 Tahun Indonesia merdeka, logo yang digunakan didominasi oleh gambar angka 72 TH berwarna putih.

Adapun gambar logo Peringatan 72 Tahun Indonesia Merdeka tersebut adalah sebagai berikut.

Logo 72 Tahun Indonesia Merdeka

Logo tersebut terdiri atas logogram yaitu 72 TH dan logotype yakni "Indonesia Kerja Bersama". Logotype inilah yang kemudian menjadi tema atau slogan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan RI.

Untuk logo 72 Tahun Kemerdekaan Indonesia sendiri terdiri atas 3 jenis, yaitu logo primer, logo sekunder, dan logo tersier.


  • Logo primer merupakan logo utama yang harus diletakkan di atas dasar latar berwarna putih. Logo primer ini terdiri atas dua warna yaitu merah dan hitam.
  • Logo sekunder adalah logo yang dapat dipasang pada latar belakang (background) berwarna merah atau hitam.
  • Logo tersier adalah logo yang terdiri atas satu warna saja, baik merah ataupun hitam, yang dapat dipasang pada background solid berwarna merah, putih, atau hitam.


Logo 72 Tahun Kemerdekaan Indonesia

Baca juga:


Makna Logo dan Tema 72 Tahun Indonesia Merdeka


Berdasarkan Pedoman Identitas Visual 72 Tahun Indonesia Merdeka Kerja Bersama yang diterbitkan oleh Kementerian Sekretariat Negara, logo 72 Tahun Indonesia Merdeka memiliki makna sebagai berikut.

  • Angka 7 pada logo mmiliki makna simbolisasi dari sebuah anak panah yang menyerong ke arah kanan atas. Hal ini melambangkan dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif.
  • Angka 2 dengan posisi merangkul ngka 7 melambangkan asas kebersamaan dalam bekerja membangun Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.
  • Bentuk angka 2 juga merepresentasikan bentuk bendera Indonesia yang terdiri atas dua bagian.
  • Slogan "Kerja Bersama' menunjukkan pendekatan yang bersifat merangkul dan juga memperlihatkan asas kebersamaan dan gotong royong dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik.
  • Slogan Bersama Kerja menunjukkan untuk bersama-sama bekerja membangun kemajuan Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.
  • Logo '72 Tahun Indonesia Kerja Bersama' secara keseluruhan merepresentasikan semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Download Logo 72 Tahun Indonesia Merdeka


Untuk mengunduh logo 72 Tahun Indonesia Merdeka dalam ukuran yang besar, silakan klik tautan di bawah ini.
  • Unduh logo Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, DOWNLOAD
  • Unduh Surat Menteri Sekretaris Negara dan Pedoman Logo, DOWNLOAD
Demikianlah tema dan logo Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan RI beserta dengan makna dan arti yang terkandung di dalamnya. Semoga bisa bermanfaat bagi para anggota Gerakan Pramuka dalam menyambut perayaan 72 Tahun kemerdekaan Republik Indonesia.


EmoticonEmoticon