Wednesday, January 14, 2015

Nomor Kode Kwartir Cabang se-Kwarda DKI Jakarta

Melanjutkan tulisan-tulisan terdahulu di Pramukaria tentang Nomor Kode Kwartir Cabang se-Indonesia. Kali ini adalah tentang Nomor Kode Kwartir Cabang se-Kwartir Daerah DKI Jakarta. Sebagaimana diketahui, DKI Jakarta merupakan salah satu Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka. Jakarta yang merupakan Ibukota negara Indonesia juga menjadi pusat organisasi Gerakan Pramuka. Di Kwarda inilah terletak kantor Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

DKI Jakarta terdiri atas lima Kota Administrasi dan satu Kabupaten Administrasi. Sehingga dalam Gerakan Pramuka, Kwartir Daerah DKI Jakarta terdiri atas enam Kwartir Cabang (Kwarcab). Keenam Kwarcab di DKI Jakarta tersebut adalah Kwarcab Kepulauan Seribu, Kwarcab Jakarta Barat, Kwarcab Jakarta Pusat, Kwarcab Jakarta Selatan, Kwarcab Jakarta Timur, dan Kwarcab Jakarta Utara.

Daftar Nomor Kode Kwarcab di DKI Jakarta


Layaknya Kwarda dan Kwarcab lainnya di Indonesia, Kwarda DKI Jakarta beserta keenam Kwarcab di dalamnya memiliki Nomor Kode Kwartir. Nomor Kode Kwartir Cabang merupakan dua angka berurutan yang ditulis setelah nomor kode kwartir daerah. Kedua Nomor Kode Kwartir ini ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Penetapan kode nomor ini adalah untuk pengelolaan kwartir dan tertib administrasi.



Nomor Kode Kwartir Daerah DKI Jakarta adalah 10 atau biasa juga ditulis dengan angka romawi "X". Sedangkan untuk Kode Nomor Kwartir Cabang di DKI Jakarta, sebagaimana ketetapan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka adalah sebagai berikut :


No
Nama Kwartir Cabang
Nomor Kode Kwarda
Nomor Kode Kwarcab
1 Kwarcab Jakarta Pusat
10
01
2 Kwarcab Jakarta Utara
10
02
3 Kwarcab Jakarta Barat
10
03
4 Kwarcab Jakarta Selatan
10
04
5 Kwarcab Jakarta Timur
10
05
6 Kwarcab Kepulauan Seribu
10
06

Itulah daftar keenam Nomor Kode Kwartir Cabang di Kwarda DKI Jakarta. Semoga bermanfaat.

2 comments

Assalaamu'alaikum.
Kak, saya mau tanya.
Kalau mau ke bumi perkemahan cibubur, dari stasiun pasar senin itu naik bis apa atau angkot apa turun mana kak? Terima Kasih sblmnya.

Assalaamu'alaikum.
Salam Pramuka.
Kak, numpang nanya, kalau mau ke bumi perkemahan cibubur, naik kereta api turun pasar senin, terus naik apa kak? Matur nuwun sakderenge.


EmoticonEmoticon