Wednesday, November 26, 2014

Game Outbound Pramuka Stepping Carpets atau Kapal Pecah

Game Outbound Pramuka Stepping Carpets merupakan salah satu permainan outdor (luar ruangan) yang bisa dilakukan dalam kegiatan kepramukaan. Permainan outbound Stepping Carpets ini sangat tepat untuk membangun kerja sama tim (team building), kekompakan regu atau kelompok, dan pengaturan strategi untuk mencapai tujuan secara bersama-sama. Game outbound Stepping Carpets, kadang disebut juga sebagai Kapal Pecah, meskipun terdapat game bernama Kapal Pecah dengan aturan permainan yang berbeda.

Dalam permainan atau game outbound Stepping Carpets ini mempunyai tujuan untuk membangun kerja sama kelompok (team building), membina kekompakan regu atau kelompok, dan membina leadership (kepemimpinan). Game ini juga sangat baik sebagai sarana untuk mengasah kemampuan menyusun strategi untuk mencapai tujuan secara bersama-sama.

Bagi regu Pramuka Penggalang maupun sangga Pramuka Penegak, game outbound Stepping Carpets atau Kapal Pecah ini dapat dilaksanakan dalam kegiatan perkemahan pramuka ataupun di sela-sela latihan rutin pramuka.



Peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanakan game outbound Stepping Carpets adalah alat pijakan yang berbentuk kotak. Alat pijakan tersebut bisa berupa karpet, papan, atau krat botol. Ukuran pijakan disesuaikan. Jumlah pijakan dapat dua atau tiga buah untuk masing-masing tim.

Tiap kelompok atau tim terdiri atas beberapa orang. Jumlahnya dapat disesuaikan dengan luas pijakan yang tersedia. Buatlah lintasan atau jarak tempuh yang ditandai dengan garis start dan finish. Panjang lintasan disesuaikan dengan kondisi dan situasi.

Cara atau aturan permainan (jika menggunakan dua pijakan), semua anggota tim berdiri di atas pijakan pertama. Kemudian semua anggota tim berpindah ke pijakan kedua sehingga pijakan pertama menjadi kosong. Pijakan pertama diangkat dan dipindah ke depan untuk kemudian semua anggota berpindah ke pijakan ke pertama tadi. Demikian dilakukan berulang-ulang sehingga mencapai garis finish.

Jika menggunakan tiga pijakan, semua anggota tim dibagi merata hingga dapat berdiri semua di dua pijakan yang tersedia. Sedangkan pijakan ketiga dipindah ke depan. Semua anggota tim berpindah di atas pijakan kedua dan ketiga dan menyisakan pijakan pertama yang kosong. Pijakan pertama ini lalu dipindah ke depan. Demikian dilakukan berulang sehingga dengan bantuan ketiga pijakan tersebut anggota tim dapat berpindah hingga mencapai garis finish.

Selama permainan Stepping Carpets ini kaki tidak boleh menyentuh tanah. Jika menyentuh tanah, maka tim harus mengulangi dari garis start lagi. Permainan dapat dilakukan secara perlombaan antar dua tim atau dengan mengukur waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai finish.

Untuk melihat gambaran permainan atau game outbound Stepping Carpets ini secara lebih jelas, dapat menonton video di bawah ini.


Kakak-kakak dan adik-adik pramuka, itulah tadi game outbound Stepping Carpets yang baik untuk melatih dan mengembangkan kerja sama tim (team building). Dalam pelaksanaannya, peralatan dan nama game dapat dikreasikan sendiri-sendiri.

Add Comments


EmoticonEmoticon