Thursday, September 11, 2014

Lagu Pramuka : Sedikit Bicara Banyak Bekerja

Satu lagi lagu pramuka, Sedikit Bicara Banyak Bekerja. Lagu pramuka ini sesuai dengan judulnya, liriknya sangat singkat karena hanya terdiri atas satu bait saja. Seakan hendak membuktikan kepada para pramuka bahwa sudah bukan saatnya lagi para pramuka banyak bicara. Namun yang dibutuhkan justru sebaliknya, tanpa banyak bicara namun banyak berkarya dan bekerja. Ikut serta dalam membangun masyarakat serta mempraktekkan nilai-nilai yang terkandung dalam dasadarma.

Salah satu lagu legendaris di kepramukaan ini memang sudah cukup terkenal di kalangan para pramuka. Layaknya lagu-lagu pramuka lainnya seperti Pramuka Mandiri, Barisan Kita, Gerak Pramuka, Ke Latihan Pramuka dan lagu lainnya, lagu ini banyak memberikan nilai-nilai perilaku yang seharusnya diteladani oleh setiap anggota Gerakan Pramuka. Dengan selalu gembira, menjaga persatuan, kesatuan, dan kekompakan, dan pribadi yang ramah, seorang pramuka selalu peduli, sigap, dan cekatan dalam mendarmabaktikan satyanya. Tanpa perlu banyak bicara berkarya dan bekerja untuk mengabdi kepada masyarakat, nusa, bangsa, dan agama.


Lagu pramuka ini pun cukup enak didengarkan, apalagi dengan nuasa musik tradisional dengan penyisipan suara angklung, alat musik tradisional Jawa Barat, di beberapa bagiannya.

Video dan Lirik Lagu Sedikit Bicara Banyak Bekerja

Video lagu pramuka Sedikit Bicara Banyak Bekerja yang dilengkapi dengan teks liriknya dapat dilihat dan ditonton di bawah ini.


Sedangkan liriknya yang cukup singkat, hanya satu bait saja, adalah sebagai berikut :

Sedikit Bicara, Banyak Bekerja

Gugusdepan Pramuka, selalu riang gembira,
Seia dan sekata, dan ramah tamah,
Semboyan cepat kaki, ringan tangan
Dan sedikit bicara, banyak bekerja

Sudah selayaknya setiap anggota Gerakan Pramuka, mulai peserta didik, pembina dan pelatih, hingga andalan dan anggota majelis pembimbing, dapat menjalankan nilai-nilai dalam lagu ini. Tanpa perlu banyak bicara, terus berkarya, bekerja, dan berbakti demi Indonesia yang jaya.

1 comments so far

This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon